top of page
  • Gambar penulisTeduh

Gimana Ya Biar Ga Sedih Terus?

Diperbarui: 11 Okt 2022


Credit: GoodRx



Pernah enggak sih kalian ngerasa sedih? Misalnya ketika mengalami hal yang enggak menyenangkan, hal yang bikin kalian enggak nyaman, hal yang bikin kalian ngerasa sakit hati, dan banyak lagi. Tahu enggak sih, sedih itu emosi yang wajar banget loh untuk dirasakan dan dialami sebagai manusia! Yap, its okay to feel sad because we are human. Namun, sayangnya, emosi ini sering banget nih disangkal dan dikesampingkan keberadaannya. Seringkali kita dipandang lemah dan berlebihan ketika kita menunjukkan kesedihan kita, padahal emosi ini penting banget untuk ada dan diekspresikan demi kebaikan kita sendiri.


Banyak juga yang masih belum tahu, cara apa aja sih yang paling ampuh untuk menyalurkan perasaan sedih kita. Nah, kali ini ada beberapa cara yang bisa kita praktikkan. Yuk kita simak bersama!


Pertimbangkan dan refleksikan coping stress kamu selama ini

Kira-kira apa yang kamu lakukan waktu sedih nih, apakah kamu mengurung diri dan enggan bersosialisasi, atau ternyata kamu malah menghubungi orang terdekat untuk meminta support? Dengan merefleksikan kembali hal itu, kamu jadi bisa tahu loh kira-kira selama kamu merasa sedih, tindakan yang kamu lakukan sudah tepat atau belum.


Menangis

Tahu enggak sih, menangis itu respon alami tubuh kamu untuk melampiaskan kesedihan yang kamu alami? Yap, kesedihan kamu terlampiaskan melalui air mata yang kamu keluarkan. Kamu perlu membiasakan diri kamu untuk mengeluarkan kesedihan yang kamu rasakan dengan cara yang sehat.


Kenali arti kesedihan untuk diri kamu

Kamu bisa pelan-pelan mulai berkenalan dengan arti dari emosi sedih untuk dirimu. Kamu bisa loh mulai memikirkan “Aku sedih waktu…”, atau “Aku tau aku akan merasa sedih kalau …”. Nah, kalau kamu sudah tahu hal itu berarti kamu sudah mencoba berkomunikasi secara mendalam dengan emosi sedih yang kamu miliki, ini membantu banget loh untuk ke depannya supaya kamu bisa melampiaskan emosi sedih dengan cara yang lebih sehat.


Melampiaskan emosi sedih melalui tulisan

Kalau kamu merasa sedih, boleh banget loh kamu ambil buku dan mulai menulis. Kamu bisa menuliskan keluh kesah yang kamu rasakan, misalnya, “Duh, aku sedih banget karena … padahal maksud aku ….”


Membuat puisi atau melukis

Ketika sedih juga kamu bisa merilis emosimu dengan membuat karya seni seperti puisi atau lukisan yang juga menggambarkan emosi yang sedang kamu rasakan saat itu.


Berikan dirimu dukungan

Biasanya saat sedih kita merasa butuh keberadaan dan dukungan dari orang lain, tapi enggak menutup kemungkinan nih kalau orang lain ngga bisa ada dan memberikan dukungan itu. Nah, di saat itulah satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah menjadi pendukung bagi diri kita sendiri. Berikan kenyamanan, kasih, dan dukungan untuk dirimu. Coba deh bilang ke dirimu “(Namamu), aku disini, aku peduli sama kamu”.


Bercerita ke orang tersayang

Bercerita ke orang yang tersayang bisa membantu banget loh untuk menenangkan kamu yang sedang merasa sedih. Terlebih nih, kamu bisa jadi punya perspektif baru setelah bercerita, dan itu membantu kamu untuk mengatasi rasa sedih yang lagi kamu alami.


Menghabiskan waktu di luar

Menggerakkan tubuh seperti berjalan-jalan, jogging, melakukan pemanasan, atau bahkan sekedar menghirup udara segar tuh membantu banget loh untuk melepaskan kesedihan yang kamu alami. Aktivitas fisik ngga cuman bermanfaat buat fisik kamu aja, tapi juga buat mental dan kesejahteraan psikologis kamu.


Nahh, gimana, gampang kan untuk dilakukan cara-cara di atas? Cara-cara ini boleh banget kamu lakukan setiap kali merasa sedih, terutama untuk cara-cara yang memang cocok sama kamu.


Psychology Content Writer: Eunike Gracia


Sumber:

1. Schenck, L. (2012, June 22). Coping Skills to Release Sadness – Part One. Mindfulness Muse. Retrieved August 1, 2022, from https://www.mindfulnessmuse.com/emotional-intelligence/coping-skills-to-release-sadness-part-one


2. Schenck, L. (2012b, June 27). Coping Skills to Release Sadness – Part Two. Mindfulness Muse. Retrieved August 1, 2022, from https://www.mindfulnessmuse.com/emotional-intelligence/coping-skills-to-release-sadness-part-two

28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page